Deretan Fakta Unik Dan Menarik Seputar Rumah Jawa

Deretan Fakta Unik Dan Menarik Seputar Rumah Jawa

Rumah Jawa ini merupakan salah satu rumah adat tradisional yang digunakan oleh masyarakat Jawa, khususnya pada daerah Yogyakarta, Jawa tengah, serta jawa timur. Gaya arsitektur rumah Jawa juga memiliki fungsi yang berbeda. Jika Anda datang ke dadrah pedesaan, Rumah jawa dapat difungsikan sebagai tempat untuk tinggal dan beristirahat. Terdapat juga rumah jawa yang hanya dipakai sebagai design pada ruang tamu seperti layaknya di keraton Surakarta dan juga Jogjakarta.

  1. Atap rumah melambangkan status sosial pemilik rumahnya

Atap rumah adat jawa memiliki beragam model. Namun, atap atap dari rumah tersebut memiliki berbagai arti tersendiri di dalam nya. Perbedaan model tersebut menjadi lambang status sosial para pemilik. Terdapat 5 jenis atap, yaitu panggang pe. Panggang pe biasanya digunakan oleh orang yang rumahnya digunakan sebagai tempat berjualan. Kemudian jenis atap kampung merupakan jenis rumah yang biasa. Rumah limasan merupakan rumah yang memiliki tingkatan sosial atau strata yang tinggi rata rata digunakan oleh rakyat jawa. Rumah joglo merupakan rumah yang biasanya ditempati oleh para bangsawan. Terakhir, model rumah tajug merupakan model rumah yang banyak digunakan sebagai masjid.

  1. Terinspirasi dari bangunan pada jaman kolonial belanda

Saat maaih berada di masa kolonialisasi belanda, penjajah banyak yang mendirikan gedung serta rumah. Banyak dari mereka mengadopsi gaya bangunan rumah adat jawa. Rumah adat jawa memiliki bentuk yang tahan panas dan juga tahan hujan. Sirkulasi rumah juga dapat terjaga dengan baik.

  1. Rumah adat jawa sudah hadir semenjak jaman mataram kuno

Relief pada candi borobudur menunjukkan bentuk rumah adat tradisional jawa. Rumah tersebut memiliki jarak antara halaman dengan halaman lain. Material yang digunakan merupakan anyaman kayu serta bambu. Pola lantai yang dimiliki rumah tersebut yaitu seperti rumah jawa gaya limasan atau pun gaya joglo.

Rumah Jawa

  1. Rumah adat jawa dibagi dalam 3 bagian utama

Rumah jawa umum nya dibagi menjadi 3, yaitu bagoan pendopo, bagian pringgitan, serta bagian dalem. Pendopo merupakan bagian depan teras dan biasa nya terletak di muka rumah. Bagian pringgitan sendiri merupakan bagian yang menghubungkan antara pendopo dengan rumah yang memiliki fungsi sebagai tempat untuk bermain wayang di jaman dahulu. Kemudian bagian dalem merupakan bagian utama dari rumah. Bagian ini merupakan bagian utama dari rumah tempat para penghuni rumah tinggal.

Itulah beberapa fakta unik dan menarik mengenai rumah jawa yang jarang banyak orang ketahui. Fakta ini juga bisa menjadi salah satu bahan tambahan informasi Anda. Jika Anda tertarik intuk membuat tempat tinggal dengan gaya khas jawa, Anda bisa membangun rumah dengan bagian bagian lengkap layaknya rumah adat jawa di jaman dahulu.

One thought on “Deretan Fakta Unik Dan Menarik Seputar Rumah Jawa

  1. Pingback:Deretan Inspirasi Furnitur Multifungsi Yang Mempermudah Anda

Comments are closed.