Ingin Gunakan Kayu Jati Sebagai Kusen Pintu? Yuk Simak Tipsnya

Ingin Gunakan Kayu Jati Sebagai Kusen Pintu? Yuk Simak Tipsnya

Tidak dapat dipungkiri bahwa kayu jati memiliki kualitas yang sangat menjanjikan. Kayu jati dikenal sebagai salah satu jenis kayu yang sangat kuat serta tahan lama. Selain itu, kayu ini juga memiliki harga yang terbilang cukup mahal. Maka tidak heran jika Kayujati menjadi salah satu ajang prestise oleh sebagian orang.

Pada beberapa toko mebel, banyak sekali tokoh yang memberikan tawaran untuk menggunakan berbagai Maple dari kayu jati. Bukan hanya meter saja, namun pintu serta jendela banyak yang menjadikan kayu jadi sebagai bahan dari kusayang ataupun bingkai nya. Hal ini tentu karena kualitas dari kayu jati yang memang terkenal tahun lama serta sempurna untuk memberikan tampilan yang unik serta elegan.

Terdapat beberapa jenis kayu jati yang bisa Anda jadikan pilihan dan dapat Anda pertimbangkan untuk menjadi salah satu properti pendukung yang berkualitas di rumah Anda serta menjadi salah satu bahan untuk kusen pintu. Berikut adalah pilihannya :

  1. Kayu jati muda

Kayu jati muda

Kayu jati yang satu ini memiliki ciri-ciri warna yang tidak terlalu mencolok serta diameternya yang tidak terlalu besar. Kayu Jati ini dapat Anda gunakan untuk membuat kusen pintu, bahkan hingga membuat lemari serta meja. Anda harus memperhatikan Gradasi atau serat yang terdapat pada bagian kayu agar nantinya ketika hanya menggunakan kayu jati menjadi kusen pintu Anda dapat terlihat lebih bagus dan memiliki kesan yang eksklusif tentunya. Kayu jati muda ini juga terkenal memiliki harga yang lebih terjangkau di pasaran.

  1. Kayu jati Keling

Kayu jati Keling

Jenis kayu jati yang satu ini memiliki warna coklat gelap atau kehitaman serta memiliki diameter yang sedikit lebih besar. Berbeda dengan yang Muda, kayu jati Keling tersebut terkenal mahal harganya dan juga seratnya tidak terlalu terlihat pada permukaan jika kayu ini nantinya dijadikan sebagai mebel. Kayu jati Keling memang terkenal memiliki kualitas yang sangat bagus karena warna serta serat yang dimiliki dari kayu tersebut sedikit.

Untuk memilih dari kedua pilihan di atas sebagai kusen pintu Anda, yang pertama Anda harus perhatikan adalah dana yang Anda miliki. Jika dana yang dimiliki terbatas, Anda bisa memilih kayu jati muda sebagai pilihan untuk membuat kusen pintu. Namun jika memang Anda memiliki dana yang lebih besar, Anda bisa menggunakan kayu jati Keling sebagai bahan dasar pembuatan pintu. Tentunya kayu jati Keling memberikan kualitas yang jauh lebih baik dibandingkan kayu jati mudah. Tingkat keawetan nya pun juga lebih besar.

Selanjutnya, Anda harus memperhatikan kualitas dari kayu yang Anda pilih. Pastikan kayu yang dipilih adalah Kayu yang memang sudah siap di olah sebagai material dasar untuk membuat kusen pintu. Jika kayu tersebut sudah siap, maka pembuatan kusen pintu juga akan menjadi jauh lebih mudah.